✕ Close

Tragedi Smartphone Rusak

Sekitar tanggal 20 februari 2018 hapeku tiba-tiba aneh. Dimulai ketika kabel chargerku tidak berfungsi dengan baik. Lalu aku mencari-cari kabel pengganti di seantero Mansion (kontrakan) yang sebagian besar error. Ternyata peristiwa kabel-kabelan tadi membawa dampak buruk pada smartphoneku.

Awal Mula Tragedi

Mula-mula beberapa aplikasi berat suka menutup paksa sendiri (force close) tapi aplikasi ringan masih gampang dibuka. Berlanjut terus sampai pada hari kamis tanggal 22 februari 2018 hapeku mulai tidak bisa hampir semua aplikasi tambahan. Aplikasi seperti SMS, galery, dan aplikasi bawaan lainnya masih bisa dibuka. Tapi aplikasi semacam Facebook Lite, Medium, LINE, WhatsApp, Twitter, dan aplikasi tambahan lain suka force close sendiri.

Besoknya hari jumat tanggal 23 hapeku semakin parah. Aku memutuskan untuk melakukan optimasi dengan menghapus beberapa aplikasi berat seperti Twitter. Aku juga mengosongkan beberapa space di memory agar sedikit lega. Aku juga menginstall kembali Master Clean. Hasilnya nihil. Hapeku cuma bisa nyala dan terima notif tapi tidak bisa digunakan. Beberapa kali suka restart sendiri dan optimizing lama ketika booting (proses dari hape dinyalakan sampai bisa digunakan).

Besoknya hari sabtu pagi tanggal 23 hapeku mendekati sakaratul maut. Hampir semua aplikasi tambahan ketika dibuka langsung force close sendiri. Bahkan aplikasi semacam Youtube dan Gmail pun tidak bisa dibuka. Kucoba optimasi dengan melakukan tips dan trik dari blog dan forum Android. Hasilnya malah semakin parah. Hapeku hanya booting sampe logo.

Besoknya lagi hari minggu kucoba untuk optimasi jalur hacker. Hahaha. Sok-sokan oprek Android dengan membuka fastboot dan recovery. Caranya adalah dengan menekan tombol power dan volume down ketika smartphone Android mati. Aku masuk ke menu yang cuma tulisan doang dengan background hitam ala hacker. Aku melakukan wipe cache di menu recovery. Hasilnya sama saja yaitu tanpa hasil. Halah.

Tragedi Hilangnya Data dan Kenangan

Aku mulai mencari artikel cara melakukan pindah data ketika Android mati. Tidak ada petunjuk jelas. Hanya saja ketika menyambungkan kabel USB ke laptop dalam menu bootloader bisa mindahin data. Tapi tetap tidak bisa. Hingga akhirnya aku mengikuti suatu artikel untuk melakukan rooting pada Androidku.

Aku lakukan saja demi bisa menyelamatkan data dan beberapa foto dan video kenangan. Hasilnya malah semua terhapus karena secara sengaja (tapi tidak tahu efek sampingnya) aku melakukan flashing pada smartphoneku. Semua data dari tahun 2014 hilang. Lenyap! Selamat tinggal!

Semua Kenangan Tentang Smartphoneku Muncul

Aku jadi kembali mengingat kenangan dengan hapeku ini. Aku membelinya pada ujung tahun 2014 tepatnya pada harbolnas 12 Desember waktu itu. Dengan tambahan uang 1,5 juta dari nenek kandung, uang hasil jualan followers, dan uang hasil nyepam (ngeblog) aku membeli beberapa barang di Lazada.

Hapeku ini termasuk hape yang lumayan pada masanya. Kemampuan terakhir yang baru kuketahui setelah 2 tahun pemakaian adalah ternyata smartphone Moto G ini tahan direndam dalam air. Walaupun hanya direkomendasikan untuk hujan-hujanan, ternyata kuat juga ketika dicelupkan ke dalam air. Tentu saja tak perlu dibahas ketika hape ini dijatuhkan tak rusak seperti hape temanku yang jatuh sekali saja layarnya langsung retak atau langsung mati total. Haha. #sombong

Aku juga jadi teringat dengan semua file-file kenangan yang ada sejak tahun 2014. Semua file di folder download, folder bluetooth, dan folder lain yang tak sempat kubackup bulanan karena jumlahnya hanya sedikit makan tempat di memory. Semua kenangan artinya semua hal yang telah kulewati bersama smartphone ini. Semua kebodohan, kegilaan, persahabatan, perkuliahan, bisnis, mantan-mantan klien, dan mantan-mantan gebetan. Wakakak.

*Foto terakhirku bersama smartphone kesayangan.

Tukang Service Hape Terbaik di Area Undip Tembalang

Aku agak terguncang oleh kebodohanku sendiri. Walau pada akhirnya aku bisa menerima ketika beberapa temanku memberi celoteh nasihat tentang kenangan. Ya sudahlah. Mau gimana lagi? Aku pasrahkan saja ke tukang service hape terbaik di Area Undip Tembalang.

Sebelumnya “Area Undip Tembalang” adalah area yang unik. Area Undip Tembalang bukanlah area kecamatan Tembalang biasa. Tapi area yang mencakup Tembalang sampe Sigar Bencah, beberapa area Ngesrep sampai Patung Diponegoro (patung kuda) dan beberapa area Kecamatan Banyumanik.

Kata temenku ada sebuah tempat service hape bagus namanya Phoenix di sekitar perempatan Masjid Banyumanik. Hari senin tanggal 25 februari 2018 aku kesana. Aku mau ngasih keterangan tapi kata masnya hanya 2 kemungkinan yaitu flash dan IC flash. Aku pasrah saja karena jika aku pintar pasti sudah bener ini hape.

Besoknya hari selasa aku datang lagi katanya harus dilakukan IC flash dan tukang service terbaik di Area Undip Tembalang itu menyerah tidak bisa. Katanya untuk Motorola susah carinya. Memang benar. Dulu aku membeli hape ini biar gak sama kayak temen-temen, biar anti mainstream. Tapi akhirnya malah begini.

Flash Sale Xiaomi Redmi 5A di Lazada

Aku mulai tanya-tanya ke teman-teman Mansion apakah ada hape murah yang bisa kubeli. Lalu katanya ada temen yang bernama @agswbw yang jualan hape murah hasil flash sale. Aku tanya dia lewat chat di LINE for PC. Dia menjawab katanya sudah laku semua. Fyuh.

Tak disangka pada sore harinya Agus datang ke Mansion. Biasanya dia datang hari kamis dan pulang hari jumat. Tapi ini sejak selasa sore sudah nongol. Kami lalu membahas tentang flash sale Xiaomi di Lazada. Katanya besok hari rabu ada dengan harga 999rb untuk Xiaomi Redmi 5A. Dia ikut dengan tujuan dijual lagi di konter hape dengan keuntungan sekitar 200rb.

Selasa malam kami melakukan persiapan strategi dan mulai mengajak beberapa teman Mansion untuk ikut bergabung. Kata Agus hanya dalam waktu beberapa menit saja barang sudah ludes sold out. Akhirnya aku membuat sebuah kalimat ajakan seperti ini, “Hanya bekerja kurang dari 5 menit berkesempatan mendapat keuntungan sebesar 200rb! Jika tidak dapat hanya rugi 5 menit saja! Bandingkan dengan main Free Fire atau Mobile Legend yang belasan menit itu!”

Flash Sale Xiaomi Redmi 5A di Lazada dimulai pukul 11 pagi pada hari rabu. Awalnya ada 3 pilihan warna yaitu gold, grey, dan pink. Pada rabu pagi harinya warna tinggal dua yaitu gold dan grey. Mendekati jam 11 pagi warna tinggal 1 saja yaitu grey untuk giliran kali ini. Kemarin Agus mendapat yang warna gold.

Sekitar pukul setengah 11 pagi kami dan 4 teman lainnya (total 6 orang) sudah stand by di laptop dan smartphone masing-masing. Kami menunggu tombol SEGERA HADIR berubah menjadi BELI SEKARANG. Pukul 10.55 halaman flash sale sudah mulai error.

Pukul 10.58 tombol sudah berubah menjadi BELI SEKARANG. Pukul 10.59 aku berhasil memasukkan ke keranjang belanja untuk checkout meski harus beberapa kali refresh karena error. Beberapa teman juga terkendala halaman error. Pukul 11.00 aku memilih pembayaran sampai sekitar pukul 11.03 aku berhasil membelinya. Tinggal bayar saja.

Ternyata satu rumah dengan total 6 orang ketika itu yang berhasil membeli hanya aku saja. Agus nyaris berhasil tapi tidak muncul kode bayar. Hanya bisa checkout tapi tidak bisa bayar. Ternyata seru juga ikutan beginian. Seperti berlomba dengan jutaan orang di berbagai pelosok Indonesia.

Hikmah Di Balik Tragedi Smartphone Rusak

Total sudah 5 hari aku hidup tanpa smartphone. Komunikasi hanya bisa lewat LINE for PC dan beberapa socmed. Awalnya aku biasa saja dan cenderung senang. Tapi lama-kelamaan aku mulai stress. Hal yang paling menyiksa adalah tidak bisa komunikasi lewat WhatsApp. Padahal banyak orang penting yang hanya bisa kuhubungi via WA.

Hal menyiksa selanjutnya adalah tidak bisa upload instastories dan buka DM di Instagram. Bisa dibilang hampir semua teman-temanku di dunia nyata mainannya Instagram. Bisanya cuma liat stories mereka tanpa bisa berkomentar apa-apa. Aku hanya bisa memendamnya dalam hati. Wkwkwk.

Tapi di balik semua siksaan itu aku juga mendapat hikmah yang lumayan. Dengan tidak adanya smartphone, aku jadi bingung mau ngapain dan akhirnya sempet buka dan baca buku lagi. Akhirnya aku sempet olahraga sepedaan meskipun hanya sebentar. Aku jadi sempet jogging keliling embung depan mansion yang seluas lapangan stadion itu sebanyak 6 kali putaran. Aku jadi lebih banyak melamun untuk mikir masa depan. Aku jadi bisa menyelesaikan transliterasi untuk skripsiku. Aku jadi bisa nulis di blog ini lagi, ini yang paling penting.

Bisa dibilang aku jadi lebih bisa melakukan banyak hal. Jika smartphoneku baik-baik saja, mungkin sampai saat ini aku masih scrolling timeline facebook, IG, dan twitter. Tidak ada tulisan ini. Tidak ada pengalaman sakit tapi bahagia ini. Wakakak.

Ini sticky