sekolah

3 Posts Back Home

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Berbahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggrisku bisa dibilang lumayan lah jika dibanding teman-teman kuliahku. Terbukti dari daftar nilai TOEFL yang aku ikuti beberapa tahun yang lalu. Nilaiku termasuk yang paling atas untuk angkatanku. Meski sebenarnya termasuk rata-rata jika dibandingkan teman-teman jurusan Sastra Inggris. Kadang aku ditanyai bagaimana cara belajar berbahasa Inggris. Masih banyak teman-teman yang merasa kesulitan dalam belajar bahasa yang digunakan mayoritas penduduk global yaitu bahasa Inggris. Kesulitan dalam belajar bahasa Inggris menjadi penghambat tersendiri. Misalnya, beberapa lowongan beasiswa ataupun lowongan kerja mensyaratkan bahasa Inggris dengan nilai minimal tertentu. Selain itu juga bahasa Inggris bisa digunakan untuk kepentingan keseharian, pendidikan, bisnis, atau wisata. Untuk membantu masyarakat Indonesia agar lebih paham akan bahasa Inggris, English First memberikan layanan mengenai program belajar bahasa Inggris yang mudah dan tentunya menyenangkan. Untuk mengetahui lebih lanjut kamu bisa cek di link https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/business-english/. Kesulitan dalam proses belajar bahasa Inggris berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Banyak faktor…

Mengenang 3 Tahun Pembuatan Film Origami Untuk Sherly

Tak terasa 4 tahun eh 3 tahun berlalu saat proses pembuatan Film Origami Untuk Sherly. Film ini mungkin sama sekali tidak penting buat kalian. Tapi proses pembuatan film ini sangat penting bagi fase persahabatan kami, IS3 Tetap Kokoh Tetap Kuat. Film ini menceritakan tentang pemuda yang jatuh cinta pada seorang pemudi. Tapi pemudi menolak cinta pemuda tersebut tanpa alasan yang jelas. Di akhir cerita, pemuda sukses dan mengetahui pemudi sudah meninggal karena penyakit yang diderita sejak lama. Ternyata pemudi menolak cintanya karena tidak ingin pemuda tersebut terlalu sakit hati karena dia tahu umurnya tidak lama lagi. Intinya kayak gitu lah. Ide cerita ini sama sekali bukan dari kami anak-anak IS3. Tapi dari sebuah pemaksaan seorang guru. Hehehe. Sebelumnya kami sudah menyiapkan skenario yang ternyata di mata sang guru tidaklah menarik. Itu bukanlah pertama kali idealisme saya tidak diterima. Tapi semua harus terus lanjut. Kami sekelas mengalah. Lanjut dengan ide cerita…

Riwayat Pendidikan Seorang Jangka

Kita di sini bahas pendidikan formal ya. Bukan pendidikan informal atau pendidikan kehidupan atau apapun itu selain pendidikan formal. Kita mulai aja. Sebenarnya gue masuk TK itu tanpa unsur kesengajaan. Gue hanya ikut-ikutan maen sama temen-temen gue. Berhubung gue pinter, jadinya malah langsung dimasukkin ke TKnya. Dan yang minta itu guru-guru TKnya. Katanya sih gitu. Gak tau kenyataannya. Gue masuk TK Masyitoh 1 Sokaraja Kulon waktu masih berumur 3 tahun. Gue udah bisa ngoceh sejak umur 2 tahun. Jadi wajarlah kalau umur 3 tahun udah masuk TK. Gue menjalani kehidupan di TK seperti anak-anak kebanyakan. Gue pernah ngompol di celana. Gue pernah nangis. Gue pernah bikin temen nangis. Gue pernah berlagak preman sama temen sendiri tapi takut sama anak-anak SD. Nggak tau kenapa ketika itu anak-anak SD keliatan besar dan menakutkan. Dan beruntung gue naik kelas. Gue bisa merasakan bangku TK nol besar saat masih berumur 4 tahun. Tapi keburuntungan…

Navigate