Resep Nasi Goreng Mbah Jangka

Nasi goreng merupakan makanan khas Indonesia, dan pada dasarnya sama seperti makanan Indonesia lainnya yang memiliki banyak sekali variasi. Meski sudah ada berbagai macam variasi, pada dasarnya nasi goreng adalah nasi yang digoreng yang kemudian ditambahi dengan berbagai bumbu untuk kenikmatan yang lebih lagi.

Selain itu, masing-masing resep nasi goreng memiliki ciri khas tersendiri. Kali ini aku mau share resep nasi goreng buatanku sendiri. Resep ini versi 1 Porsi (2-3 centong nasi).

Bumbu Nasi Goreng

Bumbu adalah kunci dari setiap masakan. Bumbu nasi goreng yang aku racik bukan untuk nasi goreng manis. Bumbu ini untuk rasa pedas asin yang gurih.

  • 1 Siung Bawang Putih
  • 2 Siung Bawang Merah
  • 1 Jumput Micin (secukupnya)
  • 1 Jumput Garam (secukupnya)
  • 5 Cabai Rawit (atau secukupnya)

Bahan Nasi Goreng

Bahan-bahan nasi goreng ini juga sederhana dan merakyat. Nggak pake telor atau ayam. Cuma pake minyak sama nasi aja.

  • 3 Sendok Makan Minyak Goreng
  • 2-3 Centong Nasi Putih

Cara Memasak Nasi Goreng

Cara memasak nasi goreng ada banyak. Namun ada satu penemuan yang aku kunci yaitu masak nasi goreng harus panas banget, apinya harus gede banget. Tapi ati-ati, jangan sampai gosong.

  1. Uleg bumbu sampai hampir halus. Jangan sampe halus. Jangan diblender atau pakai food processor.
  2. Panaskan minyak dalam wajan besar yang bisa dipegang. Jangan kayak omongan dia yang gak bisa dipegang.
  3. Panaskan dengan api kecil.
  4. Masukkan bumbu yang telah diuleg masih dengan api kecil.
  5. Tumis bumbu sampai setengah matang.
  6. Masukkan 2-3 centong nasi putih.
  7. Aduk hingga merata. Jangan kayak kemakmuran di Indonesia yang tidak merata.
  8. Jika bumbu dan nasi sudah tercampur merata, besarkan api sampai mentok.
  9. Terus aduk nasi dengan api besar sampai ada yang gosong dikit.
  10. Matikan kompor dan nasi goreng siap dinikmati dengan telor, sosis, atau bakso.

Gampang banget kan? Semoga resep ini bermanfaat. Kalo ada pertanyaan bisa disampaikan di kolom komentar.

Kalo ini bukan nasi goreng. Ini telur rebus pake telor ala Mbah Jangka.
Navigate