Resep Masakan Rumahan Yang Enak

Memasak memang bukan pekerjaan yang mudah. Kalau tidak bisa memasak dengan benar, tentunya masakan akan mubazir. Maka sebelum memasak makanan di rumah sebaiknya tahu apa yang anda akan masak dan juga tahu cara memasaknya. Mengarang memang bisa dalam hal memasak namun hasilnya belum tentu enak. Memasak yang sudah biasa dimasak saja agar tidak salah dan malah membuang makanan karena tidak enak atau bahkan gagal total. Memasak makanan rumahan khas Indonesia sebenarnya mudah sekali dan tidak melulu menggunakan bahan yang rumit. Meskipun bebrapa menggunakan bumbu yang lengkap. Nah, untuk referensi anda lebih jauh, berikut resep masakan rumahan yang enak.

  1. Capcay

Pernahkah anda mendengar nama makanan yang memang dari Cina ini. Meskipun dengan orang Indonesia duah banyak dirubah dan disesuaikan. Bahan-bahan yang anda perlukan dalam membuat capcay adalah bawang putih 5 siung, merica bulat 5 hingga 7 butir, saus tomat, dan minyak. Siapkan juga sayuran isian capcay seperti kol putih secukupnya, wortel 1 buah, sawi hijau 1 ikat, dan sawi putih setengah potong. Siapkan isia lainnya seperti baso sapi, dan sosis sapi atau ayam.

Hal yang anda lakukan pertama kali dalam membuat capcay adalah dengan menigiris sayurannya. Terlebih dahulu cuci bersih semua sayuran. Potong wortelnya, kol, dan juga sawinya. Jangan lupa sawi putih dipotong tipis. Setelah itu ulek bawang putih dan mericanya. Tambahkan garam dan ulek lagi. Setelah halus, tumis di wajan berisi minyak yang panas. Setelah itu anda masukkan baso dan sosisnya. Baso dan sosinya juga dicuci dulu dan dipotong. Kemudian anda bisa masukkan saus tomat dan wortelnya. Setelah agak matang wortelnya, masukkan semua sayuran. Tambahkan gula dan garam sesuai selera dengan dicicipi.

  1. Telur Ceplok Balado

Balado memang bumbu pedas merah khas Indonesia yang bisa dimasak dengan apa saja. Bahan-bhan yang dibutuhkan untuk bumbunya adalah tomat segar 2 buah, cabe emrah keriting 8 buah, bawang merah 6 siung, bawang putih 3 siung dan juga minyak goreng. Haluskan semua bumbu tersebut dengan diberikan minyak secukupnya.

Cara memasak telur ceplok baladonya adalah dengan menggoreng telurnya satu persatu. Jadi anda siapkan teflon berisi sedikit minyak lalu ceplok telur dengan dipecahkan dan taruh diteflon. Anda lakukan hal yang sama satu persatu. Setelah semuanya diceplok. Tumis bumbu balado yang sudah dihaluskan tadi. setelah itu tambahkan garam, gula dan penyedap rasa sapi. Kemusian tunggu hingga bumbunya kemerahan pekat. Setelah itu masukkan telor dan aduk dengan api kecil saja.

  1. Ayam Bakar Kecap

Resep masakan rumahan yang satu ini akan sangat disukai oleh orang rumah dan dijamin nagih. Bahan-bahan yang anda siapkan adalah ayam potong 1 kg, bumbu kuning yang terdiri dari kunyit, merica, bawang putih, bawang merah, ketumbar dan juga serai. Semuanya dihaludkan bumbu kuningnya. Siapkan juga kecap manisnya.

Cara membuat ayam bakar kecapnya adalah dengan mencuci bersih ayam potongnya. Setelah itu masukkan ke dalam panci yang berisi air. Tambahkan bumbu kuning yang sudah dihaluskan tadi.s etelah itu rebus hingga asat airnya. Kemudian masukkan kecap manisnya. Taruh di oven dengan suhu 200 derajat celcius. Kemudian anda berikan kecap lagi ketika sudah beberapa menit. Jangan lupa dibalik juga dan balurkan kecap lagi untuk sisi berikutnya.

Bagikan
Berikan Apresiasi

Join Telegram Yuk! >>

KLIK DI SINI