Pahami Karakter Kain Wolfis dan Cara Perawatannya

Dari sekian banyak bahan kain untuk membuat hijab, kain wolfis adalah yang terfavorit. Sebab saat digunakan kain ini dinilai adem. Selain itu harganya yang cukup terjangkau membuat kain ini makin banyak diminati.

Nama asli kain ini sebetulnya adalah woolpeach, namun karena tersentuh lidah orang Indonesia, maka penyebutannya menjadi “wolfis”. Kain ini terbuat dari campuran sutra, katun dan tambahan serat sintetis sehingga terkenal halus dan sejuk saat dipakai.

Secara karakter mirip dengan jersey. Hanya kain wolfis punya ketebalan di bawah jersey, dan teksturnya lebih ringan. Kendati adem, wolfis cocok dijadikan hijab karena nggak transparan.

Nah, kamu sudah tahu ciri-ciri kain wolfis secara konkrit?

Karakter Bahan

Kain wolfis dibedakan menjadi dua, yakni tebal dan tipis. Atau kalau di pasaran disebut dengan premium dan standar. Kamu wajib tahu perbedaannya.

Kalau kain wolfis premium serat kainnya rapi, kokoh, rapat dan halus. Teksturnya yang halus itu juga membuatnya nggak licin dan kasar. Tingkat kelembutan kain wolfis sesuai dan sangat nyaman saat diraba. Bahkan saat diraba nggak terasa di jari-jari.

Meskipun kain wolfis premium unggul dalam bahan, namun ketika kamu berkeringat, kain ini nggak bisa menyerapnya. Harga kain wolfis berkisar antara Rp 27.000 – Rp 30.000.

Sementara untuk kain wolfis standar, tentu dari segi harga lebih murah ya. Namun karena perbedaan itu, bahannya tentu nggak seperti premium ya.

Untuk wolfis standar serat kainnya nggak terlalu rapi, nggak kokoh dan agak longgar. Saat diraba pun akan terasa kasar di jari-jari tangan.

Untuk bahannya sih nggak terasa licin, bahkan cenderung keset. Namun untuk bobot, wolfis standar sama ringannya dengan premium kok. Dan meski nggak terlalu rapat, tetap nggak tembus pandang.

Kemudian sama haalnya dengan premium, wolfis standar nggak bisa dengan mudah menyerap keringat, tapi punya sirkulasi udara yang baik. Harganya berkisar antara Rp 23.000 – Rp 27.000.

Penggunaan

Jenis kain ini sering dipakai untuk membuat pakaian muslimah, terutama hijab. Hal tersebut disebabkan karena bahannya ringan dan tidak mudah kusut.

Jadi, meskipun penggunanya aktif bergerak, kain wolfis yang dikenakan tidak akan kusut atau lecek. Bahkan, setelah dicuci di dalam mesin cuci pun, pakaian berbahan wolfis nggak akan terlihat lecek.

Karena karakteristiknya yang ringan dan nggakmudah kusust tadi kain wolfis juga cocok digunakan untuk membuat kemeja.

Nggak Transparan

Anda tidak perlu ragu menggunakan kain wolfis tipis karena walaupun tipis bahannya tidak transparan. Hal inilah yang membuat kain wolfis tipis tetap cocok dijadikan sebagai bahan pembuatan hijab dan baju muslim.

Berserat dan Nggak Licin

Bahan wolfis berserat dan tidak licin. Beda halnya dengan jenis kain sifon dan jersey yang berserat dan nggak licin. Saat disentuh kain wolfis terasa sangat halus dan nyaman di kulit.

Mudah Disetrika

Meskipun ringan namun kain wolfis nggak setipis sifon. Jadi lebih tahan terhadap suhu yang panas. Apabila kamu hendak menyetrika, nggak masalah sama sekali kok. Ya meskipun kain ini juga nggak mudah kusut dan lecek.

Cara Perawatan

Pertama kalau mencuci disarankan memakai air dingin ya, jangan yang hangat atau panas. Sebab akan membuat teksturnya menjadi kusut. Kemudian kalau mau mencuci direndam terlebih dahulu dengan deterjen lalu dikucek secara perlahan.

Kemudian kalau mau pakai mesin cuci set mode pencucian delicate atau soft. Mengingat kain wolfis bahannya tidak terlalu tebal, maka kain ini tidak perlu dimasukkan ke dalam dryer (pengering) mesin cuci.

Lalu saat menjemur sebaiknya nggak perlu langsung terkena matahari. Pasalnya sinar matahari kana membuat warna kain wolfis pudar. Lagipula, bahan kain wolfis cenderung cepat kering. Dan saat menyetrika nanti, pakai suhu yang rendah saja ya biar kainnya awet.

Nah, itulah karakteristik kain wolfis dan cara perawatannya. Oh, iya, biar kain wolfismu nyaman dan tahan lama, saat mencuci jangan lupa pakai deterjen Rinso Molto Deterjen Cair Japanese Peach. Aroma buah peach istimewa dan bunga sakura menciptakan keharuman yang manis dan segar pada pakaian berbahan wolfis Anda.

Bagikan
Berikan Apresiasi

Join Telegram Yuk! >>

KLIK DI SINI