Mending Beli Mobil Second atau Mobil LCGC Baru?

Memilih mobil memang kadang jadi urusan yang gak gampang, apalagi kalo budget kamu terbatas. Daripada beli mobil baru, kamu mungkin mau mempertimbangkan mobil second biar dapet harga yang lebih murah. Mobil bekas tentu lebih terjangkau.

Tapi, belakangan ini muncul istilah mobil LCGC yang punya harga terjangkau. Hampir seluruh produsen mobil di Indonesia jadi bersaing untuk menawarkan versi Low Cost Green Car masing-masing. Dengan beli mobil LCGC, kamu dapat mobil baru dengan harga yang sama terjangkaunya.

Berkenalan dengan LCGC

Mobil LCGC belakangan hadir sebagai opsi baru untuk mereka yang pengen membeli mobil yang ramah lingkungan. Program LCGC ini didukung banget sama pemerintah biar situasi lingkungan jadi lebih baik di jalan-jalan di Indonesia. Mobil LCGC nggak ngeluarin emisi berbahaya buat udara jadi nggak bikin polusi.

Mengusung harga yang murah, mobil LCGC memang nggak punya fitur yang secanggih mobil pada umumnya. Misalnya sistem keamanan yang cuma didukung oleh dual airbag dan sabuk pengaman. Tentu bakalan beda jauh kalo kamu bandingkan dengan mobil biasa yang barangkali punya trim mewah dengan curtain airbag dan sistem pengereman yang mumpuni.

Dari segi desain, mobil LCGC pun mempunyai desain yang sederhana. Bagi
mereka yang cumba butuh mobil ramah lingkungan, tentu urusan ini nggak jadi masalah.

Beberapa nama yang familiar di dunia mobil LCGC yaitu Daihatsu Ayla, Toyota Agya, dan Honda Brio Satya. Kesemuanya punya desain yang compact serta sesuai untuk perjalanan dalam kota. Kalo kamu peminat mobil yang terkesan ringkas, LCGC merupakan pilihan yang cocok.

Sebagai tambahan, salah satu keunggulan dari LCGC yang sangat terasa ialah suku cadang yang murah dan gampang dicari. Ini karena program LCGC didukung oleh pemerintah dengan harapan mayoritas mobil di jalan sudah mempunyai teknologi LCGC.

Keuntungan Beli Mobil Bekas

Pas milih mobil second, kamu barangkali dihadapkan dengan opsi yang lebih luas. Kamu bisa menyesuaikan budget dengan jenis dan tahun keluaran mobil, serta performa yang dipunyai mobil. Kamu pun dapat memilih mobil dengan fitur mewah dengan kondisi yang prima.

Namun begitu, biar dapet mobil bekas terbaik, kamu mesti punya pengetahuan yang cukup tentang kondisi mobil. Kalo nggak ngerti, bisa-bisa kamu ketemu mobil dengan kondisi yang nggak sesuai sama kenyataan. Misalnya, mobil barangkali pernah kecelakaan jadi kondisinya nggak sempurna lagi.

Sama-Sama Terjangkau, Mana yang Terbaik?

Pilihannya balik lagi ke kamu. Kalo kamu nggak begitu mementingkan fitur dan desain yang mewah, LCGC bisa jadi pilihan. Apalagi kalo kamu terlalu paham tentang kondisi mobil bekas yang baik. Tapi perlu diingat, LCGC juga nggak punya keawetan sebaik mobil biasa. Sebab bahan body mobil LCGC berbeda.

Lain halnya kalo kamu punya pengetahuan yang lumayan mengenai mobil. Kamu bisa memanfaatkan pengetahuan kamu buat menemukan mobil bekas terbaik. Dengan harga yang sama dengan LCGC baru, kamu mungkin bisa dapet mobil berusia 4 – 5 tahun ke belakang dengan kondisi yang masih prima.

Kedua jenis mobil LCGC dan mobil bekas pasti memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Tentu saja, semuanya dapat kamu pertimbangkan sesuai dengan kriteria mobil yang kamu butuhkan.

Navigate