Jangka Tidak Pernah Tepat Waktu

Terasa atau tidak terasa, sekarang sudah tanggal 10 Januari 2019 (kamu mungkin membaca ini pada 11 Januari). Seakan waktu berlalu sangat cepat. Padahal jika dilihat kembali, sebenarnya aku banyak membuang waktu.

Banyak hal yang sebenarnya ingin ku lakukan sejak tahun 2016, namun sampai sekarang belum terlaksana. Bukan karena kendala yang bisa dijadikan alasan. Penyebab utamanya hanyalah kemalasan.

Jangka dan Mannequin di Ramayana dalam Sleman City Hall
Pura-pura jadi patung ketika ditanya, "Kapan lulus?"

Berikut ini biar kubeberkan sedikitnya 3 aspek yang seharusnya sudah selesai.

Kuliah

Pada dasarnya aku memang tidak suka kuliah. Namun kuliahku yang tak kunjung lulus bukan karena aku membencinya, tapi karena aku malas bangun. Malas bangun buat masuk kelas, malas bangun buat ikut UAS.

Akibat paling nyata adalah KKNku yang tertunda satu tahun dibanding teman-teman angkatanku. Aku juga masih ngulang mata kuliah sampai semester 10. Dan sampai detik ini, skripsiku belum juga kunjung usai.

Segitu dulu bahas kuliahku, selanjutnya adalah tentang blog ini.

Blog

Blog ini aku bangkitkan dari kubur pada tahun 2017 yang lalu. Seharusnya aku sudah menyelesaikan Serial Traveler Pinggiran dengan jumlah 9 pos. Namun sampai sekarang yang sudah terbit hanya 2 pos saja.

Tahun lalu aku juga sempat membuat Terimakasih 2017, namun hanya terbit 2 pos. Masih hutang 1 pos atau 4 bulan terakhir tahun 2017 yang harus aku ceritakan. Sekarang sudah 2019.

Setidaknya itu yang kelihatan, belum tentang ide lain yang belum terbit sama sekali. Lanjut bahas vlog.

Vlog

Aku punya kanal YouTube yang ada satu serinya kuberi judul Indonesia Travel Vlog. Indonesia Travel Vlog mirip seperti Serial Traveler Pinggiran di blog ini, namun lebih ringan dan berbentuk video. Saat ini sudah ada 6 episode. Setidaknya masih ada 7 episode lagi.

Footage videonya sudah direkam sejak tahun 2016 namun sampai sekarang aku masih belum sempat ngeditnya. Video tersebut antara lain: perjalanan ke Bali 2016, naik Gunung Prau 2016, dan naik Gunung Rinjani 2017. Padahal ngedit 1 episode tidak sampai 1 minggu, bahkan kalau niat 1 hari juga selesai.

Selain vlog sebenarnya ada 1 film pendek yang belum sempat kuunggah. Padahal cuma kurang ngasih subtitle. Namun karena malas dan suka menunda akhirnya sampai sekarang belum juga terbit.

Proyek Lain

Selain 3 hal yang sudah disebut tadi, masih banyak proyek lain. Kalau boleh disebut ada proyek Jangka Web, Akademi Jangka Web, Cinta Damai, Sinar Bisnis, Makan Halal, Kamera Nihon, Parfum Kopi, dll. Banyak juga ya.

Udah gitu aja lah. Intinya jangan tanya aku mau ngapain setelah lulus. Hahaha.

Makasih udah mau baca.

*Foto oleh Irman Hidayat.