Ini Manfaat Makan Sayur yang Penting Buat Pertumbuhan Anak

Sayur mungkin jadi saran terfavorit untuk menambah gizi. Sebab manfaat makan sayur sudah banyak dibuktikan oleh para ahli. Namun perkara tersebut akan jadi sulit jika diajukan kepada anak-anak.

Selain karena belum sadar betul khasiat sayur, rasa sayur yang mungkin terkesan nggak menyenangkan dinilai membuat mereka ogah-ogahan. Alhasil kebanyakan anak-anak akan menolak jika diberi makan sayur.

Nah, maka dari itu Bunda harus putar otak untuk mensiasatinya. Soalnya apapun, sayuran penting bagi tumbuh-kembang anak-anak. Yuk cari tahu tentang manfaat sayur untuk anak-anak

Menjaga Kekebalan Tubuh

Menurut Khoiri Fury Handayani dalam jurnal Gambaran Konsumsi Makanan pada Anak Usia Toddler yang Mengalami Gizi Kurang di Kecamatan Balerejo Kabupaten Madiun, kalau anak kekurangan vitamin dapat berakibat menurunya daya tahan tubuh sehingga mudah terserang penyakit seperti batuk, diare, demam.

Oleh karena itu di sinilah peran sayur untuk menambah vitamin pada anak agar kekebalan tubuh selalu terjaga. Dengan makan sayur juga dinilai ampuh untuk melindungi dari berbagai penyakit.

Mengurangi Risiko Obesitas

Dalam penelitian berjudul Hubungan Antara Aktivitas Fisik, Kebiasaan Konsumsi Serat dan Faktor Lain dengan Kejadian Obesitas yang oleh Wisarani Sevita Utami, mengatakan bahwa serat hanya menyumbangkan beberapa kalori per unit dari makanan yang dikonsumsi.

Maka dengan terpenuhinya serat dari sayuran secara otomatis akan mengenyangkan perut. Sehingga si Kecil akan cepat kenyang dan nggak akan minta nambah makan terus.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan serat tinggi pada sayuran juga manjur untuk menjaga sistem pencernaan. Resiko konstipasi pun berkurang dengan signifikan. Oleh karena itu si Kecil harus mengkonsumsi sayuran secara rutin.

Menambah Kecerdasan

Di sayuran mengandung nutrisi yang akan mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak. Sehingga selain menjaga kesehatan, juga akan mendukung perkembangan otak yang muaranya menambah kecerdasan.

Menekan Nafsu Makan

Sayuran juga membantu si Kecil untuk terus mengkonsumsi makanan atau camilan yang nggak sehat. Sebab sayuran kaya akan serat yang akan membuat perut selalu kenyang.

Nah setiap sayuran dengan warna yang berbeda memiliki kandungan yang juga berbeda. Maka, agar lebih menggoda bagi si Kecil, Bunda perlu lebih variatif untuk memberi asupan sayuran. Lalu nutrisi apa saja yang terkandung dalam sayuran?

  1. Pro-vitamin A

Pro-vitamin A dalam sayuran punya peran dalam pertumbuhan tulang, mata, rambut dan kulit si kecil. Manfaat lainnya yaitu untuk mengganti sel-sel tubuh, mengganti selaput lendir mata, dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi.

  1. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks membantu proses metabolisme pembentukan sel darah merah dan meningkatkan selera makan si kecil. Kemudian untuk khasiat lainnya yakni menjaga sistem syaraf, membantu perubahan karbohidrat menjadi energi dan membantu sel tubuh dengan oksigen

  1. Vitamin C

Vitamin C dalam sayuran penting untuk menjaga kesehatan gigi, gusi, kulit, otot dan tulang. Selain itu bisa juga untuk mempercepat penyembuhan luka, menambah daya serap tubuh atas zat besi dan dapat mencegah flu.

  1. Vitamin E

Vitamin E pada sayuran hijau bisa membantu proses metabolisme dan menjaga kesehatan kulit dan otot. Vitamin E juga bisa berperan sebagai antioksidan alami yang mambuang radikal bebas.

  1. Mineral

Kalsium dan zat besi adalah jenis mineral yang dibutuhkan dalam tubuh. Kalsium penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Nggak hanya itu saja, kalsium juga membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan berguna untuk perkembangan sel syaraf dan otak.

Sementara zat besi dalam sayur bisa mengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh sel-sel tubuh, serta mencegah anemia.

Tubuh si Kecil punya daya serap yang baik terhadap kandungan nutrisi alami dari buah dan sayuran segar. Jadi, Bunda, utamakan sajian sayuran dan buah secara rutin di setiap waktu makan anak agar dia bisa tumbuh sehat dan cerdas.

Dancow Bantu Lindungi Eksplorasi si Kecil.

Bagikan
Berikan Apresiasi

Join Telegram Yuk! >>

KLIK DI SINI