Cara Terbaik Ngerawat Luka Pakai Plester

Ketika kulit kamu terkena luka, apa yang akan kamu lakukan? Mungkin kamu akan membersihkannya dan memberikan plester. Kesalahan saat membersihkan luka bisa saja terjadi dan bahkan bisa fatal akibatnya kalau tidak ditangani dengan tepat. Kita perlu mempelajari manajemen risiko ketika traveling terutama saat naik gunung.

Manajemen Risiko Saat Mendaki Gunung
Manajemen Risiko Saat Mendaki Gunung

Saat traveling atau kegiatan out door lainnya, kadang ada aja masalah yang tak terduga. Kamu mungkin pernah terpleset atau kecelakaan ringan lainnya. Biasanya setelah kamu jatuh terdapat memar-memar di kulit atau luka-luka. Bagian luka inilah yang harus dibersihkan dahulu dan jangan menundanya, karena kalau tidak ditangani dengan cepat akan mengakibatkan infeksi. Infeksi yang terjadi pada luka memiliki resiko yang cukup berbahaya, apalagi jika membersihkannya tidak benar.

Merawat luka lecet dan luka terjatuh penanganannya pun berbeda. Kalau luka lecet bisa langsung dibersihkan dan di tempelkan plester saja sudah cukup. Tapi, kalau untuk luka yang berdarah atau cukup menganga, sebaiknya ditangani dengan serius.

Kamu harus membersihkan luka dengan benar. Gunakan alkohol atau air bersih hangat untuk membersihkan darah atau kotoran yang menempel pada luka, hal ini dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya infeksi dan juga menghentikan pendarahan yang keluar. Dengan membersihkan luka dengan baik dan benar, maka jaringan parut atau keloid agar proses penyembuhannya lebih cepat.

Sebelum membersihkan luka, biasanya darah akan ditutup atau dihentikan dengan cara menekan bagian luka tersebut. Jika pendarahan masih saja terjadi sebaiknya cari bantuan medis. Soalnya, jika kamu banyak mengeluarkan darah akan menyebabkan berbagai masalah pada tubuh kamu. Setelah membersihkan luka, gunakan plester luka di bagian yang terkena luka supaya tidak terjadi iritasi atau bakteri yang masuk pada luka kamu.

Mas Jangka Saat Mendaki Gunung
Mas Jangka Saat Mendaki Gunung

Penggunaan plester juga harus tepat dan sering diganti, apabila luka kamu ditutupi dengan benar, maka akan mempercepat proses penyembuhan karena luka yang lembab akan cepat sembuh dan melindungi dari debu dan kotoran yang memungkinkan terkena pada luka kamu. Segera persiapkan perlengkapan P3K dari sekarang, berbagai perlengkapan yang harus kamu miliki adalah plester Hansaplast, perban, obat luka, gunting dan obat-obatan lainnya.

Navigate