✕ Close

Cara Mengatasi Kesulitan Belajar Berbahasa Inggris

Kemampuan berbahasa Inggrisku bisa dibilang lumayan lah jika dibanding teman-teman kuliahku. Terbukti dari daftar nilai TOEFL yang aku ikuti beberapa tahun yang lalu. Nilaiku termasuk yang paling atas untuk angkatanku. Meski sebenarnya termasuk rata-rata jika dibandingkan teman-teman jurusan Sastra Inggris. Kadang aku ditanyai bagaimana cara belajar berbahasa Inggris.

Masih banyak teman-teman yang merasa kesulitan dalam belajar bahasa yang digunakan mayoritas penduduk global yaitu bahasa Inggris. Kesulitan dalam belajar bahasa Inggris menjadi penghambat tersendiri. Misalnya, beberapa lowongan beasiswa ataupun lowongan kerja mensyaratkan bahasa Inggris dengan nilai minimal tertentu.

Selain itu juga bahasa Inggris bisa digunakan untuk kepentingan keseharian, pendidikan, bisnis, atau wisata. Untuk membantu masyarakat Indonesia agar lebih paham akan bahasa Inggris, English First memberikan layanan mengenai program belajar bahasa Inggris yang mudah dan tentunya menyenangkan. Untuk mengetahui lebih lanjut kamu bisa cek di link https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/courses/business-english/.

Start Sharing Not Selling

Kesulitan dalam proses belajar bahasa Inggris berbeda antara satu orang dengan yang lainnya. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Tapi ada kesulitan umum yang hampir semua orang Indonesia mengalaminya. Berikut ini ada beberapa kesulitannya yaitu:

1. Pengucapan yang sangat sulit sekali bagi orang Indonesia, ada beberapa kata yang memang sedikit disembunyikan sehingga pengucapan tidak begitu jelas. Bahkan akses atau pengucapan bahasa Inggris Amerika, Britania, dan Australia pun akan berbeda.

2. Kosakata yang cukup sulit untuk dihafalkan, bisa dikatakan dalam bahasa Inggris banyak sekali kosakata yang dimiliki. Makanya perlu lebih rutin dan konsisten les Inggris supaya dapat memiliki kosakata yang lebih banyak.

3. Dan terakhir adalah ketika melakukan percakapan, apalagi ketika secara langsung berkomunikasi dengan orang luar negeri. Orang Indonesia cenderung lebih sulit memadukan antara kosakata satu dengan lainnya, begitu pula dengan artiannya.

Kebanyakan sih itu kesulitan yang biasanya dikeluhkan oleh teman yang sedang berusaha belajar bahasa Inggris. Tapi dari beberapa kesulitan tadi dapat dikikis dengan usaha yang menyenangkan seperti; terbiasa mendengarkan lagu Inggris, sering menonton film, video ataupun musik Inggris sampai dengan membaca buku berbahasa Inggris.

Saat mendengar lagu berbahasa Inggris sekalian sambil membaca lirik dan mencari artinya. Saat menonton film berbahasa Inggris cobalah menggunakan subtitle bahasa Inggris. Setelah itu bisa dengan membaca komik berbahasa Inggris. Jika sudah terbiasa, cobalah membaca buku berbahasa Inggris. Jika ada kosa kata yang susah bisa dicatat dan dihapal kemudian hari.

Setelah kebiasaan menggunakan bahasa Inggris melalui cara-cara yang menyenangkan tadi, barulah perbaiki secara struktur. Untuk memaksimalkan kemampuan struktur bahasa Inggris, bisa percayakan pada program pendidikan bahasa terpercaya seperti English First. Jadinya bisa tau grammarnya udah bener apa belum.

Ini sticky