Cara Membuat Kopi Tubruk Sederhana Tanpa Ribet

Ada banyak cara membuat kopi tubruk di Indonesia. Ada cara barista yang presisi. Ada juga cara rumahan yang sederhana. Kali ini aku bakalan sharing gimana cara bikin kopi tubruk sederhana di rumah.

Bahan Membuat Kopi Tubruk

  • Kopi
  • Air

Pertama, kopi. Kalo mau nurut ala barista, kopi harus fresh. Artinya, kopi harus benar-benar yang baru disangrai dan baru digiling. Kalo cara sederhana pakai kopi bubuk yang baru dibeli aja.

Sedangkan untuk air, pakai air mineral yang beli. Jangan pakai air keran. Kalau mau nurut ala barista bisa pakai air mineral merk amidis.

Tata Cara Membuat Kopi Tubruk

  1. Seduh air 90 derajat celcius.
  2. Masukkan 2 sendok teh kopi ke cangkir ukuran 200ml.
  3. Basahi kopi sedikit dengan air panas.
  4. Penuhi cangkir dengan air panas.

Seduh air 90 derajat celcius. Kalau cara sederhananya cukup didihkan air, kemudian biarkan selama 1 menit. Jadi bukan pakai air yang benar-benar baru mendidih.

Masukkan 2 sendok teh kopi ke cangkir ukuran 200ml. Kalau mau nurut barista, perbandingannya 1 banding 15. Kalau cara gampangnya 1 sendok teh untuk cangkir kecil ukuran 100ml.

Basahi kopi sedikit dengan air panas. Istilahnya menurut barista adalah pre-heating. Jangan penuhi gelas secara langsung. Tapi basahi dulu kopinya sedikit, tunggu beberapa detik.

Penuhi cangkir dengan air panas. Setelah menunggu beberapa detik kopinya basah, baru penuhi cangkir dengan air panas. Setelah itu jangan langsung diminum. Tunggu dulu beberapa menit sampai kopi mengendap.

Begitulah kira-kira cara membuat kopi tubruk yang mudah dan sederhana. Nggak perlu repot-repot pakai termometer atau alat-alat yang ribet. Semoga bermanfaat.

Navigate