Beli Paket Internet Tanpa Ribet

Dulu mau beli paket internet nggak segampang sekarang, karena memang jarang banget yang jual. Konter pulsa masih belum sebanyak sekarang, apalagi orang biasa yang jualan pulsa. Paket internet juga masih jarang, dulu adanya tarif per kb.

Penggunaan internet untuk hp dulu pun terbatas hanya untuk chat dan mobile web yang ringan. Dulu yang terkenal di Indonesia ada Mig33 untuk chatting dan Friendster untuk web sosial medianya. Penggunaan paling cuma 1 sampai 2 mb per hari. Kalau penggunaan berat mending ke warnet.

Dulu aku gak pernah beli paket internet, cukup beli pulsa IM3 aja karena tarifnya cuma 1 rupiah per kb. Otomatis pulsa kepotong tiap pemakaian. Kemudian lanjut ke zaman Facebook dan mulai pakai modem.

Modem yang dulu kupakai masih merk Smart. Ada paket per bulan. Jadi dulu tiap abis pulang sekolah nyempetin mampir kantor cabang Smart buat beli paket internet.

Akhirnya Smart dan Fren gabung jadi Smartfren. Masih dengan paket per bulan. Lalu mulai bermunculan paket internet perdana. Jadi beli perdana sekali pakai, habis langsung buang.

Beberapa waktu kemudian aku mulai langganan Speedy. Jadi modem Smartfren nggak kepake lagi. Bayar tiap bulan di kantor Telkom.

Hape pakai paketan dari IM3. Kadang pakai perdana Simpati atau AS yang sekali buang. Konter sudah menjamur dan gampang ditemui.

Kemudian muncul beberapa aplikasi PPOB. Aku udah mulai jarang ke konter. Beli paket data di aplikasi.

Sampai kemudian banyak marketplace kayak Blibli dan aplikasi ojek yang juga jualan paket internet. Sekarang udah gampang banget beli paket internet. Nggak perlu ke konter pulsa lagi.

Kartu Perdana XL
Kartu Perdana XL

Kemarin aku beli kartu perdana sekalian nyobain beli pulsa di Blibli. Ternyata gampang banget dan langsung masuk. Padahal lumayan gede nominalnya.

Isi Ulang Pulsa XL
Isi Ulang Pulsa XL
Navigate