✕ Close

Asal Nama Mas Trubus Jangka Tunggul Mahardika

Google Adsense Here

Mungkin kalian pernah membaca kisah asal usul Salatiga, yaitu kisah tentang bagaimana nama Salatiga itu berawal. Nah, disini Jangka tidak akan menceritakan kisah Salatiga tersebut. Tapi Jangka akan bercerita tentang asal usul nama Jangka sendiri.

Sebenarnya Jangka lupa kapan pertama kali Jangka tahu asal usul nama Jangka. Kalau tidak salah dulu di tahun 2000, waktu itu Jangka masih SD dan tinggal di Sokaraja. Jangka waktu itu punya adik baru yang namanya Alain dengan panggilan Alen. Nama Alen merupakan singkatan Adi lan Eni, nama orang tua Jangka.

Google Adsense Here
ALEN: Anak Lanang Edan Nakale

Karena Jangka masih anak kecil, waktu itu Jangka iri. Lalu orang tua pun ngarang. Jangka itu singkatan dari Jelas Anaknya Nur Aeni Gabungan Karo Adi. Maksa banget ya. Berhubung waktu itu Jangka masih bisa dibegoin, Jangka percaya tanpa syarat.

Tapi, nama lengkap Jangka kan Mas Trubus Jangka Tunggul Mahardika. Sebenarnya yang lebih dulu penasaran artinya tuh bukan Jangka, melainkan orang lain. Entah Jangka tahu sejarah nama Jangka ini karena orang tua ngomong ke orang lain atau ngomong ke Jangka langsung.

Nggak tahu juga orang tua Jangka ngarang cerita atau beneran ngalamin. Jadi, ceritanya begini…

Dulu Papahnya Jangka udah punya nama yang bagus buat Jangka. Tapi entah kenapa bisa kelupaan dan benar-benar blank. Nah, suatu waktu Papahnya Jangka ketiduran di kendaraan umum yang kalau enggak taksi ya bis. Pada saat itulah Papahnya Jangka bermimpi.

Bersambung…

UPDATE 14 MARET 2018!!!

Setelah tulisan ini mengendap 5 tahun lamanya, akhirnya aku bisa nyambung lagi tulisan ini. Makasih buat yang udah setia menungguku selama 5 tahun. Aku bukan tipe orang yang suka ingkar janji. Percayalah. Wkwkwk.

Baiklah… Lanjut…

Dalam mimpi papahku waktu ini, papahku terdampar ke sebuah tempat yang ada singgasananya. Kata mamahku singgasananya terbuat dari emas. Di singgasana itu ada orang. Lalu papahku bertanya, “Kowe sopo?”

“Aku anakmu,” jawab orang itu.

“Anakku sopo?” tanya papahku lagi.

“Trubus.” jawab orang itu lagi.

“Trubus sopo?”

“Mas Trubus Jangka Tunggul Mahardika.”

Kemudian papahku tiba-tiba terbangun dari mimpinya. Saat itu papahku langsung gelagapan cari kertas sama pulpen buat nyatet namaku.

Begitulah kira-kira reka adegannya. Untuk keakuratan dan keaslian ceritanya mending tanya mamahku aja. Mumpung mamahku masih hidup.

Ya begitulah. Bisa dibilang asal namaku ini kayak wangsit yang datangnya dari mimpi.

Google Adsense Here
Ini sticky