4 Syarat Tempat Makan Enak

Makan menjadi urusan yang penting bagi kita. Makan tidak hanya mempunyai fungsi mengenyangkan perut untuk kesehatan. Akan tetapi makan juga bisa berfungsi sebagai gaya hidup bahkan hiburan tersendiri bagi orang-orang tertentu. Termasuk saya.

Saya punya 4 syarat tersendiri suatu tempat makan bisa dikatakan enak. Syarat-syarat ini muncul karena hobby saya berpindah-pindah tempat makan dan selalu ingin makan di tempat yang belum pernah saya kunjungi.

Berikut ini syarat dari saya:

1. Makananannya Enak

Sudah jelas bahwa setiap orang pengen makan enak. Termasuk saya. Tapi selera orang berbeda-beda. Alhamdulillah saya termasuk orang yang bisa makan apa saja asal enak. Saya tidak punya alergi atau ketakutan makan di tempat tertentu. Karena ada yang tidak mau makan di warteg, ada. Ada yang tidak mau makan di warung padang, ada. Ada yang tidak mau makan di KFC, ada.

2. Tempatnya Enak

Tempat juga merupakan hal yang penting saat makan. Hal yang paling utama adalah bersih, rapi, dan tidak ada hewan yang mengganggu. Apalagi kalau lesehan. Kalau lesehan kita tidak perlu mencari kursi kalau ada yang mau join atau kita mau join. Faktor lingkungan termasuk hewan juga menjadi penting karena kalau banyak nyamuk nanti gatel, kalau banyak lalat harus ngusir, dan kalau banyak mantan harus melipir.

3. Harganya Enak

Harga juga faktor penting. Kalau harga terlalu mahal kadang duit nggak cukup. Kalau terlalu murah kadang curiga ini irisan ayam atau irisan tikus. Tapi bagi saya yang penting harga masuk akal atau beralasan. Karena prinsip orang jawa “ono rego ono rupo” atau “ada harga ada rupa” yang maksudnya harga berbanding lurus dengan kualitas.

4. Pelayanannya Enak

Pelayanan juga penting. Kita sudah pesan dari jam 9 pagi dan makanan datang jam 12 siang beberapa hari kemudian itu kayak pesen barang di online shop. Kita bisa keburu mati kelaparan. Atau juga kita cepat dilayaninya tapi kalau asal-asalan juga gak enak. Atau teman kita yang ganteng dilayani dulu sedangkan teman kita yang tampangnya pas-pasan didiemin aja habis itu dikasih receh disuruh pergi. Pelayanan itu penting.

Sepertinya itu aja syarat dari saya. Kalau ada yang kurang nanti saya tambahi. Kalau ada yang kelebihan gak papa biar gemuk. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat dan menghibur kalian semua.

* Foto pertama di Waroeng Steak and Shake Ngesrep Semarang
** Foto kedua di KFC Jogja
*** Foto ketiga di Bubur Ayam Bandung pinggir jalan Magelang
**** Terbit pertamakali di cintadamai.com lalu dipindah ke sini.

Owh iya. Sebenarnya ada faktor penting lainnya. Makan ama siapa?